5 Alat Musik Daerah Bali

Bali memiliki alat musik tradisional yang khas dari daerah ini, alat musik ini merupakan alat musik peninggalan turun temurun leluhur mereka, dan berikut beberapa alat musik tradisional Bali :

1.   Gerantang
Image result for gerantang
Gerantang memiliki susunan atas beberapa potongan bambu yang tersusun berderet dan digunakan dengan 2 alat pemukul khusus seperti contoh Gambang (alat musik dari Jawa) tetapi alat musik Gerantang memakai bambu.
Alat musik tradisional ini asalnya dari Bali cukup sering dipakai pada kegiatan gamelan atau angklung. Pada daerah Jawa Barat alat ini disebut calung, jelas pastinya terdapat perbedaan antara alat musik tradisional Bali dan Jawa.

2.   Rindik
Image result for gambar alat musik rindik
Rindik termasuk dalam contoh alat musik tradisional Bali yang bisa ditemukan saat berkunjung ke pulau dewata. Rindik dibuat dari bambu yang mempunyai nada selendro dan digunakan dengan cara dipukul. Rindik sering dipakai oleh grup (sekitar 3 – 5 orang) dimana 2 orang memakai rindik dan sisanya memakai alat musik lain.
Rindik sering dipakai untuk musik pengiring hiburan rakyat ‘Joget Bumbung“. Seiring berkembangnya zaman, sekarang rindik sudah bisa fleksibel dan mengikuti kemajuan ke era modern. Kini rindik dipakai untuk pelengkap acara pernikahan atau sebagai penyambut tamu.

3.   Ceng-Ceng
 Image result for ceng ceng
Alat musik ceng-ceng adalah unsur penting dari perangkat gamelan dari Bali. Di berbagai unsur musik gamelan, ceng-ceng mempunyai peran penting diantara alat musik tradisional Bali yang lainnya.
Ceng-ceng digunakan dengan memakai cara dipukul di bagian tembaga yang bundar pada bagian atas dan akan mengeluarkan suara “ceng-ceng-ceng” sesuai dengan namanya. Untuk mengeluarkan suara yang keras anda cukup memegang kedua bagian yang berada di atas dengan memakai kedua tangan.

4.   Pereret
Image result for pereret
Pereret merupakan alat musik tradisional Bali kuno yang mempunyai bentuk layaknya terompet, alat musik ini sampai sekarang masih ada keberadaannya. Cara menggunakannya dengan cara memegang terompet tersebut , lalu tiup lewat lubang yang ada di ujung terompet.
Pereret sering dipakai oleh masyarakat Bali dalam pentas seni budaya mereka yang berupa seni Sewo Gati, sama seperti kesenian Arja di Bali, tetapi kesenian ini pada posisi penarinya hanya duduk.

5.   Genggong
Image result for genggong
Alat musik Genggong ini asalnya dari daerah Bali, Genggong adalah bagian dari instrumen musik getar yang mengeluarkan suara unik, suara yang dikeluarkan layaknya suara suling tetapi lebih kecil dan kuat jika terdengar di telinga kita. 
Genggong sering dipakai pada pentas seni musik, alat musik genggong pada umumnya dipakai pada intro musik (pembuka) dan suara pengirim musik.

Sumber : https://alatmusik.org/alat-musik-tradisional-bali/#top

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata yang Harus di Kunjungi Saat di Bali

5 Makanan Khas Bali